10 Makanan Ini Mempunyai Unsur Yang Boleh "MEMUDARATKAN"



Manusia adalah salah satu dari beberapa makhluk di muka Bumi yang memiliki kemampuan untuk mengabaikan naluri asas untuk bertahan hidup.

Misalnya saja para skydivers yang melompat tinggi dari pesawat, pelari di gurun, orang-orang hidup pada tempat graviti bertahap minimum, dan mencuba untuk membuat rekod dunia dengan menahan nafas di dalam air.

Menguji kemampuan tersebut mungkin membuatkan manusia merasa bersatu dengan alam atau cuba menggali potensi di dalam diri. Terutama jika kegiatan tersebut memaksa adrenalin seperti melompat dari tempat tinggi atau memakan makanan yang pelik atau berbahaya.

Untuk para penggemar memaksa adrenalin melalui makanan, mereka biasanya cuba memakan dengan cara ekstrem dan mengundang bahaya. Misalnya makanan pelik seperti satay daging ular, sup buaya, atau kalajengking goreng yang terkenal di Thailand.

Namun, tahukah Anda, ternyata makanan yang dekat dengan kita juga mengandung zat-zat berbahaya. Seperti yang dinyatakan dilaman sesawang Foxnews.com, berikut adalah jenis makanan yang ternyata boleh memudaratkan.


1.Biji Buah

Seperti epal, biji buah ceri juga mengandung hidrogen sianida yang disebut asam prussic. Sianida merupakan zat berbahaya yang dalam dos tertentu dapat memudaratkan.

Jika tidak diperlukan, memakan biji buah berwarna merah tersebut sebaiknya tidak usah dilakukan, apalagi makan dalam jumlah banyak.Amatlah berbahaya!


2.Rhubarb

Rhubarb dikatakan sama seperti pohon keladi atau talas yang bahagian batangnya dapat dimanfaatkan menjadi makanan lazat dan kaya dengan zat makanan.

Namun, daun rhubarb mengandung asam oksalat yang dapat mengakibatkan batu ginjal. Dengan mengonsumsi 5 kilogram daun tanaman tersebut, akan mengakibatkan kematian.


3.Pala

Pala menjadi salah satu komoditi yang diburu oleh beberapa bangsa di dunia dan menjadi alasan mengapa mereka menjajah negara Indonesia. Namun, buah yang berkhasiat tersebut jika dikonsumsi dengan dos tertentu dapat mematikan sistem tubuh badan manusia.

Ternyata, pala merupakan halusinogen--zat yang dapat menimbulkan efek halusinasi. Selain itu, hanya dengan mengonsumsi sekitar 5,5 gram dapat menimbulkan sedikit kekejangan dan 8,5 gram dapat mengakibatkan kekejangan otot!

Jika mengunyah satu buah akan menyebabkan kegilaan yang disebut dengan 'nutmeg psychosis', dan akan diikuti dengan kematian!


 4.Kentang


Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling dekat dengan kehidupan harian kita. Selain rasanya yang enak, akar  kentang juga terkenal kerana khasiatnya untuk kesihatan dan kecantikan.

Namun, Glycoalkaloids--zat racun yang biasanya ditemukan di bunga kecubung-- juga ditemukan di dalam daun, batang, dan kecambah kentang. Zat tersebut dapat terbentuk apabila membiarkan kentang dalam waktu yang terlalu lama, terutama jika terpapar cahaya.

Mengonsumsi glycoalkaloids dapat menyebabkan krem, panas, pening, atau bahkan koma dan kematian. Hanya dengan memakan 3 sehingga 6 miligram zat kentang tersebut,ia dapat mengakibatkan kecacatan serius.

5.Almond

Kacang berbentuk bujur berwarna coklat itu tekenal dengan keenakan dan khasiatnya, baik untuk kesihatan mahupun kecantikan.

Namun, Anda harus berwaspada dengan kacang almond jenis pahit. Ternyata varietas tersebut mengandung hidrogen sianida dengan jumlah yang besar.

Hanya dengan memakan 7 hingga 10 almond pahit yang mentah, ia dapat menimbulkan dan mengakibatkan beberapa masalah kesihatan bagi orang dewasa, dan memudaratkan jika dimakan oleh kanak-kanak.

6.Madu

Madu mentah yang tidak melalui proses pasteurisasi atau pemanasan makanan untuk membunuh organisme seperti bakteri dan proses untuk memperlambat pertumbuhan mikro pada makanan -- ternyata mengadungi bahaya.

Disebabkan tidak melalui proses tersebut, madu mentah dapat mengandung zat grayanotoksin yang dapat menyebabkan pening, lemah, berpeluh secara berlebihan, mual, dan muntah yang berlautan selama 24 jam.

7.Tomato

Tomat adalah jenis tumbuhan tropika yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Buah tersebut sering dijadikan makanan lazat dan mempunyai banyak manfaat.

Namun, batang dan daun tomato mengandungi racun alkali yang dapat menyebabkan perut memulas. Tomata hijau mentah juga ternyata memiliki efek dan kesan yang serupa.

Walaupun tidak berisiko tinggi, Anda sebaiknya menghindari memakan daun dan tomata yang belum matang dalam jumlah besar.

8.Tuna

Tuna sebenarnya tidak memiliki zat yang memudaratkan. Namun, ikan tersebut menjadi berbahaya kerana plumbum yang diserap oleh daging tuna.

Ketika Anda memakan tuna yang mengandung plumbum, merkuri akan keluar dari tubuh melalui ginjal, atau beredar ke dalam otak yang boleh menyebabkan penyakit Gila. Persatuan Pengawasan Ubat Dan Makanan Amerika (FDA), menggalakan supaya kanak-kanak dan wanita hamil tidak sesekali mengambil ikan tersebut sebagai makanan.

Walaupun memakan tuna tak menyebabkan kematian, namun ada baiknya apabila kita mengawal menu makanan yang diperbuat dari bahan ikan tersebut.

9.Ubi Kayu

Ternyata, ubi kayu dan daunnya kaya akan cyanide. Namun, tidak semua jenis ubi kayu tersebut mengandung zat berbahaya dalam jumlah yang besar.

Kebanyakan, jenis ubi kayu yang sudah diketahui dimakan hanya mengandungi sedikit cyanide dan jumlahnya akan berkurang dengan proses pemprosesan yang betul.

10.Kacang Mede Mentah

Kebanyakan orang yang menggemari kacang Mede kerana rasanya yang rangup. Namun, kacang mede mentah dapat menyebabkan kesan buruk dan  berbahaya untuk sistem tubuh.

Tetapi jangan khuatir, kerana kacang mede mentah yang Anda sering jumpa di pasar raya merupakan kacang mede yang masak dan ia sudah melalui proses pengukusan untuk menghilangkan urushiol.

Urushiol dapat mengakibatkan reaksi alergi ketika bersentuhan langsung dengan kulit dan dapat mengakibatkan gatal sehingga berhari-hari lamanya. Dalam kes tertentu, zat tersebut dapat menyebabkan alergi yang fatal.

Sumber:Foxnews.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Komen:

Post a Comment